PENERAPAN PENDIDIKAN HUMANISME KEAGAMAAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Andi Aisa STIT Al-Hady Bombana
  • Roslina Roslina STIT Al-Hady Bombana
  • Burhan Burhan STIT Al-Hady Bombana

Keywords:

Pendidikan Humanisme, Religius, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Tujuan dari penelitian guna pengekspolorasian konsep dasar pengajaran yang bersifat humanis dan religious dapat terintegrasi dalam proses pengajaran. Metode yang digunakan pada penelitian in adalah Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pustaka dengan sifat deskriptif. Temuan yang menjadihasil peneltian ini bahwa konsep pengajaran humanis merupakan konsep Pendidikan yang bermula atas anggapan terhadap manusia hakikatnya memunyai potensi yang hampir serupa. Relefansi era revolusi industry 4.0 terlihat dari perkembangan konsep Pendidikan secara intensif dan terjadinya secara berkesinambungan. Pengajaran humanism mengarahkan peserta didik untuk menemui solusi dari masalah yang dihadapinya dengan bantuan, arahan seorang guru. Wujud dari argumen ini menetik beratkan pada peran seorang guru yang harus mendesain lingukangan pembelajaran yang terbuka, jauh dari paksaan, jauh dari tekanan kuasa atau hegemoni pemikiran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-10

How to Cite

Aisa, A., Roslina, R., & Burhan, B. (2020). PENERAPAN PENDIDIKAN HUMANISME KEAGAMAAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(2), 51–60. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/3202

Issue

Section

Articles