IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SMAIT NUR SYAMZAM KOLAKA

Authors

  • Musgar Musgar STIT Al-Hady Bombana
  • Burhanuddin Burhanuddin STIT Al-Hady Bombana
  • Marzuki Made Ali STIT Al-Hady Bombana

Keywords:

Implementasi, pembelajaran, metode diskusi.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode diskusi di SMAIT Nur Syamzam Kolaka dan melihat pengaruh penerapan metode diskusi terhadap kegiatan belajar siswa pada SMAIT Nur Syamzam Kolaka. Tujuan dari pelaksanaan metode diskusi yaitu; pembelajaran di kelas dapat dihidupkan, mendorong siswa menaikan prestasi, kesimpulan materi diskusi mudah dipahamisiswa, siswa dilatih cara-cara berdisuksi yang baik, membantu siswa membuat keputusan yang baik, dan tidak terjebak pendapat sendiri yang terkadang salah memahami dan sempit.  Metode pendekatan yang dipakai merupakan kualitatif, yakni menjelaskan hasil temuan tentang penerapan metode diskusi di SMAIT Nur Syamzam Kolaka .melalui literatur- literatur maupun secara pengalaman melalui pengamatan dan hasil wawancara di lapangan yang ada hubungannya dengan tema penulisan. Selain itu, metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan metode diskusi di SMAIT Nur Syamzam Kolaka belum berlangsung efektif dan efisien dimana belum mampu menghidupkan suasana belajar bagi seluruh siswa di kelas, belum mampu mampu mendorong semua siswa rajin belajar dan berpikir kreatif  dan  belum mampu untuk memudahkan semua siwa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-08

How to Cite

Musgar, M., Burhanuddin, B., & Ali, M. M. (2020). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SMAIT NUR SYAMZAM KOLAKA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(2), 42–50. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/3196

Issue

Section

Articles