PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Efikasi diri dan motivasi belajar siswa dicapai kurang optimal. Ditinjau dari manajemen waktu belajar siswa, ternyata masih banyak siswa yang masih rendah manajemen waktu dalam belajar. Hasil obervasi juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa dengan efikasi diri dan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap efikasi diri dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasi dan bentuk rumusan masalah assosiatif. Responden penelitian ini sebanyak 15 siswa kelas V SD Negeri 1 Kaobula. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji simultan, uji parsial, regresi linear berganda, dan uji koefisien determinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara efikasi diri dan motivasi belajar siswa terhadap manajemen waktu. Hal ini dibuktikan dari nilai uji Fhitung sebesar 45.34 dengan perbandingan bahwa bilai Ftabel sebesar 2.25 artinya Fhitung lebih besar dari Ftabel, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen waktu terhadap efikasi diri siswa dan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61–71. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/2978

Issue

Section

Articles