PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PRAKTIKUM DIPADU MIND MAP PADA MATERI FUNGSI KELAS X DI SMAN 6 BAUBAU
Keywords:
Lembar kerjapesertadidik, Mind map, dan PraktikumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan lembar kerja peserta didik pembelajaran berbasis praktikum dipadu mind map pada materi fungi kelas X di SMAN 6 Baubau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissemination). Penilaian validator terhadap lembar kerja peserta didik dilakukan dengan menilai beberapa aspek yakni aspek petunjuk LKPD, kesesuaian materi dengan KD, prosedur, pertanyaan, bahasa dan penyajian. Lembar kerja peserta didik yang telah diuji validitasnya oleh validator mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,6 yang dinyatakan valid oleh validator. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik masing-masing memiliki rata-rata sebesar 3,7 yang termasuk dalam kategori valid. Guru dan peserta didik menyatakan bahwa Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat menarik dan Lembar kerja peserta didik dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh.