Analisis Strategi Pemasaran Cemilan Kacang Tanah (Arachis Hypogaea) Studi Kasus Pada Home Industry Rapo-Rapo Di Kota Raha Kabupaten Muna
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v5i2.1574Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, Kacang TanahAbstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran cemilan kacang tanah (Arachis hypogaea) pada Home Industry Rapo-Rapo di Kota Raha Kabupaten Muna serta untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada Home Industry Rapo-Rapo cemilan kacang tanah di Kota Raha Kabupaten Muna.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021 di Home Industry Rapo-Rapo, Kota Raha, Kabupaten Muna. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Home Industry Rapo-Rapo cemilan kacang tanah. Metode yang digunakan adalah analisis strategi pemasaran, analisis faktor internal dan eksternal melalui analisis SWOT dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan matriks SWOT maka prioritas utama startegi pada Home Industry Rapo-Rapo cemilan kacang tanah di Kota Raha Kabupaten Muna adalah berada pada kuadran I (Progresif), yaitu Strategi S-O (Strength-Opportunity) atau strategi kekuatan-peluang “Daya guna Home Industry Rapo-Rapo cemilan kacang tanah yang memiliki status usaha sendiri, memiliki kemasan prodak yang sudah memenuhi standar menyebabkan Rapo-Rapo cemilan kacang tanah berkualitas sangat baik, dalam merebut dan menciptakan peluang inovasi bentuk produk, dan produk sudah dikenal sebagai oleh-oleh melalui penggunaan media sosial sebagai media pemasaran".